Kamis, 03 Desember 2015

Pengertian Keuntungan dan Kerugian root di android

Pengertian Root, Keuntungan dan Kerugiannya di android

Berhubung HP saya baru baru kemarin di root, saya akan memposting Pengertian Root, Keuntungan dan Kerugiannya di android. Mungkin Agan sekalian sudah tau apa itu root, keuntungan dan kerugiannya. namun disini saya akan perjelas lebih dalam lagi, karena Root itu lebih banyak keuntungan dibanding kerugiannya. tanpa basa basi kita simak saja.

Pengertian dari Root? apa itu Root?  Root di Android merupakan cara untuk mengubah hak akses user atau pengguna ke android nya , yaitu memberikan semua akses OS android kepada user menjadi super user, super user merupakan user yang dapat mengakses semua yang ada di directory android, memodifikasi system, dan masih banyak lainnya.

Keuntungan Root

Keuntungan Root di Android, Seperti yang kita ketahui bahwa root itu hukum nya sunnah haha. agan boleh saja melakukan root pada hp sendiri ya jangan milik orang lain.

Bisa Menghapus aplikasi system yang tidak diperlukan

Bisa Melakukan Tweak tweak pada system agar android tidak lemot

Bisa Merubah Tampilan System seperti Mengubah Framework, mengubah UI system.

Bisa Mengedit Host file android, mungkin ada yang ingin aplikasinya gratis tanpa ada iklan.

- Bisa Melakukan Swap pada Ram, bagi agan yang suka gaming di android agar lancar

Bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan Hak akses root, seperti Link2Sd, Rom manager, SSH tunnel ,dan aplikasi lain.

Bisa mengganti stock ROM menjadi custom ROM, agan bisa browsing Custom ROM sesuai HPnya
Dan masih banyak keuntungan yang bisa dilakukan dengan root android karena pada dasarnya adalah mengubah keseluruhan yang ada pada OS android.

Kerugian Root

Kerugian Root di Android, Yang pasti kalau ada keuntungan ada juga kerugian. Seperti root android juga memiliki kerugian, beberapa kerugian yang disebabkan oleh root

Garansi HP hilang atau istilah kerennya Hangus haha, ya memang OS android sendiri membatasi user untuk mengakses system, jika itu dilanggar maka syarat dan ketentuan Garansi juga akan menghilang. sesudah membeli HP biasanya di beri garansi satu tahun dari pabrik. dan jika HP terlanjur Harus dibawa ke Service center maka hal yang bisa dilakukan adalah UNROOT, menghilangkan akses root, lalu melakukan Reset factory


Keamanan Pada android menjadi lemah. Inilah salah satu kerugian root pada android yang membuat resah para usernya. keamanan menjadi lemah karena hak akses system menjadi terbuka, bisa terkena virus, alangkah baiknya agan menginstall aplikasi Antivirus setelah melakukan proses root

Kesalahan User dalam memodifikasi, kalau kerugian ini malah disebabkan oleh user itu sendiri, yaitu salah memodifikasi OS android, entah itu dalam penulisan code, penghapusan aplikasi system, merubah permission system, Salah install rom sehingga HP android agan brick, SoftBrick, atau yang lebih Parah HardBrick.

SoftBrick/Bootloop = kesalahan dalam memodifikasi sehingga OS android Tidak bisa melakukan booting, hanya terjebak di logo Android, dan merespon ketika dicharge, ini masih bisa diselamatkan sendiri dengan melakukan Restore pada Recovery, atau Melakukan Flash sendiri

HardBrick = Keadaan ini sudah fatal karena kesalahan dalam memodifikasi mengakibatkan HP agan Menjadi MATOT ( mati total ) kemungkinan menyelamatkan berbanding 1:100 dan biasanya harus dibawa ke Service Center

alangkah baiknya sebelum memodifikasi berdoa dan melakukan backup system, sehingga jika ada kesalahan dapat kembali lagi systemnya.

Sekedar pendapat, saya sendiri lebih memilih root android, dan alhamdulillah tidak terjadi kesalahan apa apa, karena setiap memodifikasi saya backup dulu.

Namun itu tergantung pada agan masing masing, untuk memilih root atau no root, kan HP nya agan sendiri.

Terimakasih sudah mau membaca artikel saya tentang Pengertian Root, Keuntungan dan Kerugiannya di android. Saran saya jika HP agan lemot lebih baik diroot saja. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jika berkenan silahkan berkomentar dibawah ya gan, agar saya lebih semangat dalam update artikel tentang android.

SUMBER:
Semutrusuh

0 komentar:

Posting Komentar